Saturday, January 8, 2011

Hemat Listrik Hemat Biaya

Kata hemat, cuman 5 huruf tapi sungguh sulit untuk di lakukan. Hemat bisa diartikan sangat luas, tapi yang akan di bahas di Irfan Blog kali ini adalah hemat listrik.

Mengapa Irfan Blog membahas hemat listrik ... ?, ya,... karena untuk saat ini listrik begitu penting dalam menunjang kehidupan kita sehari-hari. Lihatlah, ketika tiba-tiba aliran listrik terputus / padam, pasti kita akan panik dan bingung. Ini karena kita terbelenggu untuk selalu mengandalkan pasokan listrik. Lampu mati, TV gak hidup, PC komputer mati, tidak bisa ngecharger handphone dan masih banyak lagi. Hal ini hampir semua penunjang kehidupan kita mamakai sumber listrik dan sayangnya sunber listrik yang kita pake hanya mengandalkan aliran pasokan dari PLN sebagai penyedia listrik negara.



Seiring dengan berjalannya waktu dan jumah pemakaian listrik yang tidak sepadan dengan julah pemakai, memaksa PLN menaikan tarif dasar listrik kepada kita. Hal ini tentunya membuat kita supaya bisa bijaksana dalam menggunakan listrik. Apalagi kita ketahui pasokan listrik dari PLN juga menggunakan bahan bakar yang tidak bisa di perbaharui yaitu BBM Solar untuk membangkitkan generator.

Hal yang terkecil yang biasa kita lihat yang kelihatan sepele adalah : air kran yang terus mengalir karena bocor atau lupa mematikan, lampu yang terus menyala siang dan malam dan beberapa peralatan listrik yang terus "on" walaupun sudah tidak di pakai. Hal ini jelas-jelas pemborosan listrik berarti pemborosan tagihan juga.



Beberapa tips yang bisa di pakai :

  • Harus diingat bahwa peralatan berjenis "heater" entah itu pemanas air, rice cooker ataupun setrika baju adalah peralatan yang membutuhkan daya listrik yang besar. maka itu kita harus bijaksana dalam memakainnya.
  • lampu penerangan, sebaiknya gunakan lampu penerangan dalam dan luar ruangan dengan lampu yang hemat energy, Kita tahu bahwa lampu pijar sebaiknya di hindari karena boros listrik. Untuk ruangan sebaiknya pasang lampu ganda, lampu utamauntuk penerangan kuat dan lampu redup bila di gunakan untuk malam hari sewaktu tidur.
  • Periksalah sebelum membeli peralatan listrik baik itu kulkas, mesin cuci,Televisi, kipas angin dll, di label yang tertera berapa daya yang dibutuhkan. Sebaiknya pilih peralatan listrik yang "Low Energy", walaupun harga lebih mahal tapi ini adalah investasi jangka panjang, so .... jangan ragu-ragu untuk memlih yang hemat energy.
  • Beberapa peralatan listrik yang sering di pakai seperti Televisi, apabila Sobat masih memakai Televisi yang bertabung dan layarnya cukup lebar pasti butuh daya yang besar. Sebaiknya kita mulai investasikan ke TV LCD yang jauh lebih hemat. Untuk TV LCD ini mulai tahun 2011 ini harga dan size sudah makin murah. So ... jangan takut untuk menggantinya.
  • Peralatan lainnya seperti PC komputer, bila masih memakai monitor tabung, bisa di ganti dengan LCD dan bisa juga PC digantikan dengan Notebook yang jauh lebih hemat dan praktis.

Memang untuk mengubah perilaku budaya berhemat terutama listrik adalah masalah kebiasaaan dan kebijaksanaan seseorang ataupun keluarga. Dalam kasus ini menghemat listrik, memang dibutuhkan pengorbanan untuk penggantian beberapa peralatan elektronik yang hemat energy. Contohnya adalah penggantian TV jenis tabung, bisa di bayangkan untuk ukuran TV tabung 29 " bisa butuh daya 125 Watt, bila memakai TV LCD paling cuman butuh daya sekitar 50 Watt.

Kasus di rumah saya, daya 450 watt, maka aya berpikir keras agar listrik tetap nyala tidak anjlok. Solusinya adalah menginvestasikan beberapa peralatan listrik yang hemat energy baik itu untuk lampu, TV, lemari es, mesin cuci dll. Ternyata dengan membudayakan perilaku hemat listrik bisa memangkas anggaran keluarga kita.



Semoga bermanfaat.


Baca juga artikel menarik lainnya :
-------------------------------------------



Hemat Listrik hemat Biaya, Do You Like this post ... ?
--------------------------------------------------------


--------------------------------------------------------




Zawa Hello Ramadhan

3 comments:

Anonymous said...

Mantap artikelnya Gan. Sederhana tapi bermanfaat. Tks ya... *sambilngitungduitbuatbelitvlcd*

Irfan Ludvi Astanto said...

Siap ndan .....
ok trims .

any nuring said...

nek ngono aku utangi nggo tuku TV LCD, monitor LCD, ro ganti kulkas sing hemat energi pak.....lhe nyicil sak tekanku yo.....xixixixixix

Post a Comment

Mohon tinggalkan jejak Sobat, dengan memberikan komentar. Trimakasih.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting