Friday, July 23, 2010

Senam Kesegaran Jasmani ( SKJ ) 88


Tiba-tiba ingatanku terpental jauh kebelakang di era tahun 90-an, acara rutin di kala waktu SD yaitu acara Senam Pagi. Ingatanku teringat akan alunan musik khas SKJ 88 Gimana ndak menarik, lagu ini mampu membangkitkan kembali kenangan dan nostalgia saya dulu ketika SD, yaitu diadakannya Senam Kesegaran Jasmani alias SKJ setiap hari Jumat pagi.

Temen-temen yang seangkatan dengan saya mungkin pernah mengalami masa-masa SKJ ini. Seingat saya, ada 2 jenis SKJ yang pernah saya alami, yaitu SKJ 88 dan SKJ 92. Ya, angka-angka itu adalah angka di mana gerakan senam ini dibuat, yaitu pada tahun 1988 dan 1992. Bahkan SKJ 92 ini masih eksis hingga saya SMP. :)

Senam Kesehatan Jasmani adalah kegiatan yang “diwajibkan” pada masa itu. Setiap hari Jumat pagi, sekitar jam 6, seluruh murid disuruh ke lapangan atau halaman sekolah. Dengan berseragam batik, kami semua senam mengikuti gerakan-gerakan yang sudah diatur dan sama di seluruh penjuru negeri itu.

Ada seorang instruktur, yang biasanya adalah guru olah raga, atau salah seorang murid yang ditunjuk untuk memimpin gerakan senam. Bahkan saya pernah tergabung dalam tim SKJ 92 untuk mengikuti lomba SKJ. :D

Coba Dengarkan :


Asik bukan ...:D.

17 comments:

abercromb said...

dah lama ni ga senam nyokk kapan??

rha said...

pengen ikut senam jadinya

husni said...

like this

irfan ludvi astanto said...

Ayoukkk...:)
bersenam siapa takut ...:)

rangga said...

hehehe bener ni senam jaman SD banget,wajib dan harus hapal ni kalo mau lulus ujian olahraga :)) sekarang masih ada ga ni senam?

Irfan Ludvi Astanto said...

@ Rangga : Sekarang ini kayaknya dah jarang diputar ... hehehe....
makasih sudah berkunjung.

ananda adawiyah said...

saya juga sangan rindu sekali masa2 sd yang egitu menyenangkan karena ga da beban...............
polos
lugu
tak berdosa
kangen senam bareng ma tmn2............

Irfan Ludvi Astanto said...

@ Ananda: iya bikin kangen ....

pulzzahut said...

wah terakhir sy SD nih senam skj..

Rachmat AS said...

wach.... bener banget saat SKJ 88 aku pass kls 6, bangga banget waktu itu bisa jadi utusan sekolah untuk lomba

Ratno Wistu said...

Gerakannya lupaaa.... :)
Gerakannya lupaaa.... :)

Mamed said...

iiyaaa mass..., jadi inget jaman SD

Fuad Zaki said...

Dulu, belum pasti gerakan ini. Tetapi, kalau aku sampai sekarang ini, bisa melakukannya di sekolah dengan gerakan dari Pak Tono.

bachtiar arif said...

Asik nih, jadi nostalgia dengerin lagu senam itu ^^. Oiya tau gak tempat yang jual baju senam body image tapi yang murah yah hehehe. makasih gan ^^

jaelani rahmat said...

salam kenal :)
senam SKJ ini apkh asli dri indonesia atau bkan yah ?? n knapa snam SKJ ini koq dwajibkn oleh pemerintah ??
oiya btw dmna yah tmpat yg mnyediakn baju senam murah tpi berkualitas baik ??
maksih, salam sukses

rosyi rizqi said...

salam kenal gan, kalo untuk sekarang senam SKJ ini apa masih eksis juga? dan mau tanya nih, kalo baju senam muslim yg nyaman dipake itu yg merk apa ya?

Lala Aero said...

Makasih Artikelnya keren
dan Asik nih, jadi waktu dulu waktu senam dilapangan bareng Oiya tau gak tempat yang jual baju senam body image tapi yang murah yah hehehe.
DI tunggu jawabannya

Post a Comment

Mohon tinggalkan jejak Sobat, dengan memberikan komentar. Trimakasih.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting