Thursday, January 6, 2011

Daya Listrik Rumahku 450 Watt

Judul diatas adalah benar adanya. Sobat mesti tidak akan percaya kalau selama ini kami mengandalkan pasokan listrik dengan daya max 450 Watt.

Sobat pasti bertanya-tanya, bagaimana mungkin bisa "bertahan" dengan daya 450 Watt...? Apa cukup...? Mesti dalam pikiran Sobat pasti ada "rekayasa" jaringan listrik di rumahku. Langsung saya jawab : jaringan listrik di rumahku bersih dan jauh dari unsur "nakal" apalagi modifikasi jaringan ...hehehe.

Pertanyaanya adalah kenapa kami bisa bertahan dengan daya 450 Watt. Nah, disini di Irfan Blog Sobat bisa mendapatkan trik dan tips bagaimana memanfaatkan jaringan listrik yang pas pasan seperti saya untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

Sebelumya saya membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa semua jaringan listrik di 2 rumah kami ( griya kulon dan griya wetan asri ) semuanya berdaya 450 Watt di tambah Mushola juga berdaya 450 Watt dan semuanya bisa beroperasi secara normal dan biasa-biasa saja.

Waktu itu saya pernah protes terhadap ayah saya untuk menaikan daya menjadi 900 watt atau lebih, tapi ayah saya melarang keras. Alasan ayah saya adalah "yakinlah bahwa dengan daya 450 watt PASTI cukup untuk menunjang kehidupan". Saya juga sempat berfikir kenapa masih memakai daya 450 watt, padahal beberapa peralatan listrik jelas jelas kalo di hitung bisa lebih dari 450 watt.



Seiring dengan berjalannya waktu, ternyata hidup degan daya 450 watt juga bisa. TV bisa nyala, lampu-lampu, komputer bisa nyala, pompa air, mesin cuci, setrika dan kulkas juga bisa "ON" dengan normal dan bekerja dengan baik.

Efek yang aku rasakan adalah biaya tagihan bulanan sangat terjangkau. bayangkan saja tagihan 2 rumah dan 1 mushola total paling 125-an ribu rupiah. Hemat bukan ....hehehe...:). jadi rata-rata per rumah sekitar 40 ribu rupiah, atau per hari sekitar 1.350 rupiah.

Rahasia hemat listrik ala Irfan :

  • Pastikan semua kabel dan saklar dalam kondisi baik dan normal. Ingat, kabel yang kedor dan jaringan kabel yang buruk bisa mempengaruhi kestabilan daya dan tegangan listrik. Mintalah kepada tukang ahli listrik untuk memeriksa jaringan di rumah Sobat.
  • Sebelum membeli peralatan elektronik, pastikan mempunyai daya yang rendah dan efisien. Biasanya beberapa merk yang branded mencantumkan daya yang dibutuhkan dan ada kode SNInya sebagai standar produk Indonesia.
  • Selalu pake hemat energy, penggunaan lampu jenis pijar dihindari karena disamping butuh daya yang tinggi juga tidak hemat listrik.
  • Beberapa jenis heater seperti dispenser air, rice cooker sebaiknya di hindari. Untuk kebutuhan air panas bisa pake termos, untuk menanak nasi bisa pake ketel dan soblok ...hua hua hua..khan sama sama matang hayoo.... :)
  • Selalu ingat bahwa daya di rumah adalah 450 watt, jadi penggunaan listrik bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Jadi intinya kalo lagi nyuci, ya jangan hidupkan setrika dan pompa air dan PC komputer, kalo semua nyala ya pasti "njeglek" alias anjlok alias mati listrik lokal ....hehehe.. :).
  • Tak lupa pasang lampu utama dan lampu kecil untuk penerangan darurat. Artinya beberapa ruangan yang harus selalu terang sebaiknya di pasang lampu dobel yaitu lampu terang untuk penerangan dan lampu redup ketika waktunya tidur.
Kalo saya pribadi selain mengandalkan komputer PC untuk olah data dan berselancar di internet saya juga menggunakan komputer alternatif hemat energy seperti Netbook dan Notebook. Walaupun harus mengeluarkan investasi yang berlebih tapi toh saya juga membutuhkannya. Selain itu beberapa elektonik seperti TV tabung juga saya alihkan ke LCD TV walaupun harus mengeluarkan kocek lebih. Bayangkan saja TV tabung bisa mengkonsumsi sekitar 135 Watt, sedangakan LCD TV layar lebar cumah sekitar 65 Watt.

Demikian beberapa tips yang mungin bisa memberikan gambaran kepada Sobat yang juga mempunyai daya yang terbatas seperti saya. Dan intinya adalah dengan membiasakan bersahabat dengan daya yang terbatas maka justru membuat otak kita berfikir positif untuk selalu berusaha supaya listrik tidak anjlok / mati. Tentunya dengan pola demikian tagihan listrik akan terkontrol.



Baca juga artikel menarik lainnya :
-------------------------------------------




Listrik Rumahku 450 Watt, Do You Like this post ... ?
---------------------------------------------------------------------

---------------------------------------------------------------------



Semoga bermanfaat.




Zawa Hello Ramadhan

10 comments:

PPOB said...

di tambah aja,
cz katanya sampai 900watt masih gtratis lohh

Anonymous said...

wah, artikelnya menarik bgt !
Q juga pake 450 W, tp kalo mau ngisi baterai laptop, listrik kok cepet njeleg y?
padahal TV, radio, pompa air udah mati,, bisa minta solusi?
makasih..
yanti

Anonymous said...

BENAR ...............
RUMAH KAMI MASIH BERTAHAN 450 WATT.
LAMPU 10 TITIK, TV 1, KULKAS 1, MESIN CUCI 1, RICE COOKER 1, KIPAS 2, PC 1, LABTOP 2, SAMPAI SAAT INI LANCAR-LANCAR SAJA....

TAGIHAN RATA-RATA 50.000 S/D 70.000,- PER BULAN

Sex Toys Wanita Vibrator Lidah Elektrik said...

Jual Aneka Produk Import Kosmetik Dan Dildo Pasutri, Tersedia :
1. Obat Penghilang Tato Permanent
2. Boneka Full Body Cantik Jepang
3. POTENZOL - Obat Perangsang Wanita Joss
4. Obat Vitalitas Pria Africa Black Ant
5. Vacum Pembesar Penis+Perpanjang Penis
6. Penis Tekuk Manual Silikon
7. Ring Getar Silikon / Ring Silicon Vibrator
8. Pil Pembesar Payudara, Bikin Besar Dan Padat Berisi
9. Alat Bantu Sex Wanita Vibrator Lida

→ Lihat Testimoni Dan Bukti Pelangan Kami -> Cek disini
→ Jika anda berminat dengan produk-produk kami, Silahkan hubungi kami.
→ Untuk Info Detail Silahkan Kunjungi website Kami : http://hokimarket.com

Balas Hapus

Anonymous said...

ya sama mas ,mari kita hemat energi dan tentunya juga hemat pengeluaran ,, ha ha

Anonymous said...

Drumahku jg 450, pk tv, magic com, kulkas. Nah mslhnya mau beli mesin cuci dr dulu ga prnh jadi tkt ga kuat. Tp skg pgn beli, nah kmrin liat2 mesin cuci merk samsung tp daya nya 330 yg wash . kira2 kuat ga ya?

Andrea Wirayudha said...

masa sih listrik 450 w bisa buat nyalain ac, komputer, mesin cuci, kulkas nggak percaya ahhh

farisyah said...

Dikontrakan saya watt 1300 untuk dua pintu tagihanya boros bgt,dan ga enak dong klo beli token sllu patungan gitu.nah ktanya skrg Kontrakan saya mau dipasang listrik token sendri daya 450 watt permasalahanya bisa gak yaa kalo kulkas,tv sama kipas angin dinyalain scra bersamaa?trim's

fuad silvia said...

[>>>] Modifikasi Mobil Racing Ring 13


[>>>] Modifikasi Mobil Racing Ring 14


[>>>] Modifikasi Mobil Menggunakan Velg Hitec Racing


[>>>] Modifikasi Mobil Racing Menggunakan Velg ay179


[>>>] Modifikasi Mobil Racing R13X55H8ET15






[>>>] Cara Membaca Velg Ricing


[>>>] Tips Modifikasi Mobil


[>>>] Modifikasi Mobil Terios jadi 4WD


[>>>] Modifikasi Honda Jazz


[>>>] Toko Velg Mobil Time Attack, Tempatnya Jual Velg Bogor






[>>>] Modifikasi Mobil Avanza 2008


[>>>] Modifikasi Honda Civic Wonder


[>>>] Modifikasi Terios


[>>>] Modifikasi Mobil Paling Gila Di Dunia


[>>>] Seputar CIVIC WONDER








[>>>] Velg Racing ADV.5-JZ52-HSR-RING-22X9-H5X1143-ET42-SILVER


[>>>] DEAN-JZ604-HSR-RING-22X9-H5X1143-ET45-GREY


[>>>] VPS-JD2327-HSR-RING-17X75-85-H8X100-1143-ET40-SEMI-MATTE-GREY


[>>>] Modifikasi Mobil Racing Menggunakan Velg VPS-JD2327-HSR-RING-17X75


[>>>] Modifikasi Mobil Racing Menggunakan Velg GIOVANA-JD1038-RING17X75

Unknown said...

Ya bisa lah, wong ac nya juga yg irit. Semua dimatiin. Ya bisa saja..

Post a Comment

Mohon tinggalkan jejak Sobat, dengan memberikan komentar. Trimakasih.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting