Thursday, January 6, 2011

Daya Listrik Rumahku 450 Watt

Judul diatas adalah benar adanya. Sobat mesti tidak akan percaya kalau selama ini kami mengandalkan pasokan listrik dengan daya max 450 Watt.

Sobat pasti bertanya-tanya, bagaimana mungkin bisa "bertahan" dengan daya 450 Watt...? Apa cukup...? Mesti dalam pikiran Sobat pasti ada "rekayasa" jaringan listrik di rumahku. Langsung saya jawab : jaringan listrik di rumahku bersih dan jauh dari unsur "nakal" apalagi modifikasi jaringan ...hehehe.

Pertanyaanya adalah kenapa kami bisa bertahan dengan daya 450 Watt. Nah, disini di Irfan Blog Sobat bisa mendapatkan trik dan tips bagaimana memanfaatkan jaringan listrik yang pas pasan seperti saya untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

Sebelumya saya membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa semua jaringan listrik di 2 rumah kami ( griya kulon dan griya wetan asri ) semuanya berdaya 450 Watt di tambah Mushola juga berdaya 450 Watt dan semuanya bisa beroperasi secara normal dan biasa-biasa saja.

Waktu itu saya pernah protes terhadap ayah saya untuk menaikan daya menjadi 900 watt atau lebih, tapi ayah saya melarang keras. Alasan ayah saya adalah "yakinlah bahwa dengan daya 450 watt PASTI cukup untuk menunjang kehidupan". Saya juga sempat berfikir kenapa masih memakai daya 450 watt, padahal beberapa peralatan listrik jelas jelas kalo di hitung bisa lebih dari 450 watt.



Seiring dengan berjalannya waktu, ternyata hidup degan daya 450 watt juga bisa. TV bisa nyala, lampu-lampu, komputer bisa nyala, pompa air, mesin cuci, setrika dan kulkas juga bisa "ON" dengan normal dan bekerja dengan baik.

Efek yang aku rasakan adalah biaya tagihan bulanan sangat terjangkau. bayangkan saja tagihan 2 rumah dan 1 mushola total paling 125-an ribu rupiah. Hemat bukan ....hehehe...:). jadi rata-rata per rumah sekitar 40 ribu rupiah, atau per hari sekitar 1.350 rupiah.

Rahasia hemat listrik ala Irfan :

  • Pastikan semua kabel dan saklar dalam kondisi baik dan normal. Ingat, kabel yang kedor dan jaringan kabel yang buruk bisa mempengaruhi kestabilan daya dan tegangan listrik. Mintalah kepada tukang ahli listrik untuk memeriksa jaringan di rumah Sobat.
  • Sebelum membeli peralatan elektronik, pastikan mempunyai daya yang rendah dan efisien. Biasanya beberapa merk yang branded mencantumkan daya yang dibutuhkan dan ada kode SNInya sebagai standar produk Indonesia.
  • Selalu pake hemat energy, penggunaan lampu jenis pijar dihindari karena disamping butuh daya yang tinggi juga tidak hemat listrik.
  • Beberapa jenis heater seperti dispenser air, rice cooker sebaiknya di hindari. Untuk kebutuhan air panas bisa pake termos, untuk menanak nasi bisa pake ketel dan soblok ...hua hua hua..khan sama sama matang hayoo.... :)
  • Selalu ingat bahwa daya di rumah adalah 450 watt, jadi penggunaan listrik bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Jadi intinya kalo lagi nyuci, ya jangan hidupkan setrika dan pompa air dan PC komputer, kalo semua nyala ya pasti "njeglek" alias anjlok alias mati listrik lokal ....hehehe.. :).
  • Tak lupa pasang lampu utama dan lampu kecil untuk penerangan darurat. Artinya beberapa ruangan yang harus selalu terang sebaiknya di pasang lampu dobel yaitu lampu terang untuk penerangan dan lampu redup ketika waktunya tidur.
Kalo saya pribadi selain mengandalkan komputer PC untuk olah data dan berselancar di internet saya juga menggunakan komputer alternatif hemat energy seperti Netbook dan Notebook. Walaupun harus mengeluarkan investasi yang berlebih tapi toh saya juga membutuhkannya. Selain itu beberapa elektonik seperti TV tabung juga saya alihkan ke LCD TV walaupun harus mengeluarkan kocek lebih. Bayangkan saja TV tabung bisa mengkonsumsi sekitar 135 Watt, sedangakan LCD TV layar lebar cumah sekitar 65 Watt.

Demikian beberapa tips yang mungin bisa memberikan gambaran kepada Sobat yang juga mempunyai daya yang terbatas seperti saya. Dan intinya adalah dengan membiasakan bersahabat dengan daya yang terbatas maka justru membuat otak kita berfikir positif untuk selalu berusaha supaya listrik tidak anjlok / mati. Tentunya dengan pola demikian tagihan listrik akan terkontrol.



Baca juga artikel menarik lainnya :
-------------------------------------------




Listrik Rumahku 450 Watt, Do You Like this post ... ?
---------------------------------------------------------------------

---------------------------------------------------------------------



Semoga bermanfaat.




Zawa Hello Ramadhan

35 comments:

PPOB said...

di tambah aja,
cz katanya sampai 900watt masih gtratis lohh

Anonymous said...

wah, artikelnya menarik bgt !
Q juga pake 450 W, tp kalo mau ngisi baterai laptop, listrik kok cepet njeleg y?
padahal TV, radio, pompa air udah mati,, bisa minta solusi?
makasih..
yanti

Anonymous said...

BENAR ...............
RUMAH KAMI MASIH BERTAHAN 450 WATT.
LAMPU 10 TITIK, TV 1, KULKAS 1, MESIN CUCI 1, RICE COOKER 1, KIPAS 2, PC 1, LABTOP 2, SAMPAI SAAT INI LANCAR-LANCAR SAJA....

TAGIHAN RATA-RATA 50.000 S/D 70.000,- PER BULAN

Anonymous said...

ya sama mas ,mari kita hemat energi dan tentunya juga hemat pengeluaran ,, ha ha

Anonymous said...

Drumahku jg 450, pk tv, magic com, kulkas. Nah mslhnya mau beli mesin cuci dr dulu ga prnh jadi tkt ga kuat. Tp skg pgn beli, nah kmrin liat2 mesin cuci merk samsung tp daya nya 330 yg wash . kira2 kuat ga ya?

andrea wirayudha said...

masa sih listrik 450 w bisa buat nyalain ac, komputer, mesin cuci, kulkas nggak percaya ahhh

farisyah said...

Dikontrakan saya watt 1300 untuk dua pintu tagihanya boros bgt,dan ga enak dong klo beli token sllu patungan gitu.nah ktanya skrg Kontrakan saya mau dipasang listrik token sendri daya 450 watt permasalahanya bisa gak yaa kalo kulkas,tv sama kipas angin dinyalain scra bersamaa?trim's

Unknown said...

Ya bisa lah, wong ac nya juga yg irit. Semua dimatiin. Ya bisa saja..

In The Kost said...

450 watt adalah hidup hemat.
Saya punya 4 rumah.dan sing pake panel listrik yang berbeda. Ada yang jadul 450 Watt, 900 Watt, yang modern 900 Watt dan 1.300Watt. Al hasil yang jadul lebih Irit dengan kapasitas alat elektronik yang sebanding.

In The Kost said...

450 watt adalah hidup hemat.
Saya punya 4 rumah.dan sing pake panel listrik yang berbeda. Ada yang jadul 450 Watt, 900 Watt, yang modern 900 Watt dan 1.300Watt. Al hasil yang jadul lebih Irit dengan kapasitas alat elektronik yang sebanding.

Abdul Malik said...

Dirumah nyokap ane listrik 450 cuman nyalain 1 lampu 15 watt merek krisbow ama nyalain tv jadul layar datar 21 inc merek sharp.. Langsung ngejepret alias off , pdahal semua colokan elektronik gakepake udah di cabut wakakak #kisahnyata

Unknown said...

dirumah saya ada komputer 5, laptop 1, frezzer 1, mesin poto kopi 1, kipas angin 3, laminating 1, printer 1, tv tabung 21 in 1, mesin cuci 1, listrik neon 10......berdaya 450,tapi semuanya klo kbeneran bareng dinyalain ko bisa nyala.....saya sendiri gak begitu ngerti sob.......

Unknown said...

ACna kayaknya gak ada tuh

Unknown said...

Pakek auto stard biar tdk njeglek

Unknown said...

daya 450watt bayar 125ribu nggak dapet surat dari pln tuh gan ?? soalnya ada yang dikasih surat pln supaya tambah daya

Unknown said...

Kayanya ga perlu.
Cos saya juga sama pake 450.
Selain bayarnya kecil.bayar beban juga kecil.jd bs berhematt.

Unknown said...

Apa bisa buat. Magic com. Kulkas. Dan tv

Unknown said...

Auto stard itu apa

Unknown said...

Apakah tdk ad penggunakan stavol? Dikoss sya kok gk bisa ya ngidupin kulkas sama tv barengan

Febrianty Rachma said...

Wah hemat dan irit juga. Dengan pemakaian normal tapi semua kebutuhan rumah terpenuhi. Harus dicontoh nih tipsnya supaya listrik tetap irit. Apalagi sekarang sudah tidak ada lagi rumah dengan berdaya listrik 450 watt

Anonymous said...

Karena yang bikin njepret,waktu start awal

Unknown said...

Rmhku jg 450va, udah dikasi auto start tapi masih njeglek juga. Apalagi kalo malem. Kulkas Ama tv aja njeglek. Ada yg punya solusi?

Shonip ananto alias wong elek drangkong said...

Ane punya daya 450 syukur alhdulillah aman² aja .. Klu nyuci pg hr g jeglek pdahal tv nyala kulkas nyala lampu 1 led nyala .tp klu bersama,an ssma rice cooker ..jeglek alias trep..
Tp kita pandai² sendiri..
Alhdulillah 1 bln cm 30 rb

Unknown said...

D rumah ku 450 Watt, ada lampu 2, pompa air, sama freezer, itu aja pemakaian tpi rencana saya mau tambah freezer 1 lagi, apa ka bisa 450 Watt menarik 2 freezer,2 bh lampu sama pompa air

Au ah said...

Dikos ane, 450 watt.
Nyalain 1 kulkas 2 pintu aja dah jeglek meterannya, dilema bangat udah beli kulkasnya mahal, tapi ga kepake

Unknown said...

Di kontrakan saya juga 450watt ,tapi pas saya coba nyalain kulkas langsung jepret , padahal tetangga sebelah saya juga pakai kulkas mesin cuci mesin jahit bahkan ada yang pakai vacum cleaner masih nyala listrik nya ,, yang jadi pertanyaan ko di rmh saya kulkas aja ga bisa ya ? Katanya sih sebelum di isi sma saya kontrakan ini listriknya ga pernah di pake kulkas dan lain" cuma tv doang , jdi listriknya belum terbiasa buat nyalain kulkas , bener ga tuh? Solusi nya gimna ya biar tegangan nya bisa stabil kaya yg lain

Unknown said...

Pandai2 nya kita aja,makai nya secara bergntian

Kiki said...

Jual aja kulkas nya ke saya gan he

adultqq said...









































































































Judi Poker Online Bandar QQ Domino 99 Terpercaya Indonesia

POKER QQ #MASTERKIU
BANDAR QQ #MASTERKIU
DOMINO QQ #MASTERKIU
MASTER QQ 188 #MASTERKIU

akukamudandia said...

Rumah saya juga tidak pernah njeglek pdhl tv tabung, radio,lampu kipas non stop 3, lampu 7, dan kulkas 1

Unknown said...

tv tabung apa LID

Anonymous said...

Rumah 450 Watt ngidupin kulkas dah ad inverter langsung njepret. Padahal sebelumnya kuat. Dilema....

Unknown said...

Alhamdulillah rumah q 450 Watt jg aman2 aja .to skrg pingin ganti tv led 40 inc kuat gk ya🤔

Unknown said...

Klo di rmh sya tiap nyalahin kulkas sma nasi ko njeglek trus ya?

Anonymous said...

Itung2 an itu jls gk kuat kl barengan nyala, kcuali loss strum, lwt jalur blkg meteran🤭🤭🤭

Post a Comment

Mohon tinggalkan jejak Sobat, dengan memberikan komentar. Trimakasih.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting