Tuesday, December 7, 2010

Warning ! Cuci baju Baru Anda Sebelum Dipakai


Kapan terakhir Anda beli baju baru, saat lebarankah atau setiap bulan pasti ada baju baru. Biasannya baju baru identik dengan "bau" khas pabrik konveksi pembuatnya. Tanpa kita sadari, memakai baju baru sebelum di cuci mempunyai dampak buruk terhadap kesehatan.

Seperti yang saya langsir di tribunnews.com :
Membeli pakaian baru memang menyenangkan dan beberapa orang sepertinya tidak peduli dengan meluangkan waktu mencuci pakaian yang baru saja dibelinya. Namun, hati-hati. Ternyata, ada masalah kesehatan yang mengintai jika Anda tidak mencuci pakaian yang baru Anda beli.

Berdasarkan laporan Consumer Reports, Selasa (30/11/2010), sejumlah orang mengalami masalah sakit kepala dan juga tenggorokan kering yang diduga timbul karena masalah ini. Salah satunya mengaku membeli pakaian baru dan kemudian memutuskan mencuci pakaian itu agar membersihkan cairan kimia yang biasanya digunakan untuk membuat pakaian tetap terlihat baru di toko pakaian.




Sejumlah substansi barang kimia formadelhida dan sejumlah zat kimia yang menimbulkan alergi sengaja digunakan untuk berbagai alasan misalnya untuk membuat pakaian tidak mengerut dan mengecil. Jika dicuci maka akan mengurangi tingkatan jumlah substansi itu termasuk gangguan kulit yang ditularkan oleh orang yang pernah mencoba sebelum Anda. Jadi, sebaiknya setelah membeli pakaian baru, ada baiknya mencuci agar kulit Anda aman dari gangguan.

Akibat yang ditimbulkan dari formadelhida ini antara lain mata merah, kulit melepuh, bengkak, alergi, dan juga membuat kulit kering ataupun gatal.


Sedikit tentang formadelhida.

-( Wikipedia)- Senyawa kimia formaldehida (juga disebut metanal), merupakan aldehida dengan rumus kimia H2CO, yang berbentuknya gas, atau cair yang dikenal sebagai formalin, atau padatan yang dikenal sebagai paraformaldehyde atau trioxane. Formaldehida awalnya disintesis oleh kimiawan Rusia Aleksandr Butlerov tahun 1859, tapi diidentifikasi oleh Hoffman tahun 1867.

Pada umumnya, formaldehida terbentuk akibat reasi oksidasi katalitik pada metanol. Oleh sebab itu, formaldehida bisa dihasilkan dari pembakaran bahan yang mengandung karbon dan terkandung dalam asap pada kebakaran hutan, knalpot mobil, dan asap tembakau. Dalam atmosfer bumi, formaldehida dihasilkan dari aksi cahaya matahari dan oksigen terhadap metana dan hidrokarbon lain yang ada di atmosfer. Formaldehida dalam kadar kecil sekali juga dihasilkan sebagai metabolit kebanyakan organisme, termasuk manusia.


Melihat dari kasus diatas, alangkah sebaiknya baju baru kita di cuci dulu sebelum dipakai. Disamping biar tampak lebih fresh dan segar.




Semoga bermanfaat.





Zawa Hello Ramadhan

0 comments:

Post a Comment

Mohon tinggalkan jejak Sobat, dengan memberikan komentar. Trimakasih.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting