Thursday, December 9, 2010

Istirahat Tidur Siang Cukup 5 menit



Kalo sudah jam menunjukan sekitar 12.00, pasti saatnya diri kita memanjakan perut dengan melakukan aktivitas makan siang atau banyak dari kita menyebut "rolasan".

Efek dari "rolasan" adalah badan jadi terasa lemes dan mengantuk, apalagi kalo porsi makan minumnya berlebihan, pasti rasa kantuk itu akan menyerang.

Seperti yang saya langsir dari healt.kompas.com : Mengantuk di siang hari, menurut Hiromi Shinya, adalah hal yang wajar. Penyebabnya adalah enzim kita banyak digunakan saat bangun dan beraktivitas.
Jika tubuh sudah memberi sinyal demikian, dengarkanlah. Jangan abaikan karena alasan apa pun. Jangan juga khawatir pekerjaan tertunda. Sebab, untuk memulihkan tenaga, kita cuma perlu waktu 5 menit.



Untuk kita terapkan, carilah tempat di mana kita tidak akan diganggu. Setelah itu, tarik napas dalam-dalam dan lemaskan seluruh otot tubuh. Kalau memang mengantuk, tidur saja.

Shinya menyebut tidur siang sejenak ini sebagai power nap. Sebab, hanya dalam waktu 5 menit atau paling banyak 30 menit, kita pasti akan terbangun dengan kekuatan penuh. Istirahat singkat, menurut penulis buku Miracle of Enzyme itu, mengizinkan tubuh melakukan homestatis atau pemulihan diri. Walhasil, kinerja kita di sesi selanjutnya akan berlangsung dengan efektif.

Kesimpulannya adalah manfaatkan waktu Anda setelah rolasan dengan istirahat sejenak sekitar 5 - 30 menit. Tapi ingat jangan kebablasan. Semoga dengan menerapkan metode ini efektifitas dan produktifitas kerja kita meningkat.



Semoga bermanfaat.
Selamat istrahat ... :)







Zawa Hello Ramadhan

2 comments:

Anonymous said...

sip.......thanks infonya, manfaat sekali nich...

Irfan Ludvi Astanto said...

@ Anonim : ya sama sama, jgn lupa baca artikel menarik lainnya .. :)

Post a Comment

Mohon tinggalkan jejak Sobat, dengan memberikan komentar. Trimakasih.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting