Sunday, December 5, 2010

Tips Membeli Laptop atau NoteBook


Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, di kota Jogjakarta sedang berlangsung gebyar pameran komputer dari tanggal 4 - 8 Desember 2010 bertempat di JEC ( Jogja Expo Center ). Ajang pameran komputer ini menjadi barometer harga dan spesifikasi berbagai perangkat komputer sampai akhir 2010 ini.

Saat ini memiliki sebuah Notebook atau laptop bukanlah hanya impian belaka. Sekarang Notebook bukanlah barang mewah atau bagaian lifestyle gaya, tapi sebuah kebutuhan hidup.
Fenomena ini cepat dibaca oleh produsen laptop atau notebook. Mereka membanjiri pasar dengan berbagai tipe laptop berikut harga yang makin terjangkau. Pengamatan saya di ajang komputer 2010 ini, banyak produsen yang sengaja memajang produk mereka dengan berbagai seri sesuai dengan kebutuhan.




Di satu sisi hal ini sangat menguntungkan kita sebagai konsumen sebab kita diberikan keleluasaan memilih laptop sesuai dengan anggaran dan kebutuhan kita, namun bagi mereka yang baru terjun di dunia laptop atau notebook tentu hal ini sangat membingungkan. Mereka jadi pusing tujuh keliling dalam menentukan pilihan saking banyaknya pilihan yang tersedia.


Berikut beberapa tips semeblum Anda membeli laptop :



1. Menentukan budget atau anggaran


Bagaimanapun juga pertimbangkan dengan masak dan seksama sebelum memboyong laptop. Hal ini penting agar kita bisa memperkirakan berapa anggaran yang tersedia untuk membeli laptop ini.
Sekarang ini banyak juga jasa-jasa finance yang bisa membantu mempermudah mendapatkan laptop atau notebook ini. Sebaiknya pelajari dulu dengan cerman dan jangan langsung mengambil kesimpulan kalo memang masih ragu-ragu, agar kita tidak terjebak dengan bunga yang selangit.
Menurut saya ada 3 level untuk pembelian laptop ini :
  • Level pertama, anggaran 3 - 4 juta.
  • Level kedua. anggaran 4 - 6 juta
  • Level ketiga, anggaran 6 juta keatas.
Sobat bisa memperkiran kira-kira anggaran yang tersedia menurut level diatas.


2. Tentukan tujuan dan kebutuhan.

Tanyakanlah pada diri Anda, jika anda ingin membeli laptop atau notebook, akan digunakan untuk apa laptop tersebut. Apakah digunakan untuk pekerjaan kantoran, mengerjakan tugas tugas sekolah atau kuliah, sekedar untuk browsing dan baca kirim email, atau dipergunakan untuk bermain game terbaru.

Misalnya jika anda ingin menggunakan laptop untuk bermain game 3D terbaru atau editing gambar atau editing film maka anda memerlukan laptop dengan kemampuan kartu grafis yang memadai. Saat membeli, anda bisa meminta penjaga toko untuk mencarikan laptop dengan memori kartu grafis minimal 128 MB ( untuk laptop keluaran akhir 2010 ini sudah banyak yang menyediakan grafis diatas 128 Mb) .Semakin bagus kartu grafis yang terpasang maka akan semakin mahal laptop tersebut sehingga anda harus mempertimbangkan anggaran yang tersedia.

Jika laptop yang Sobat beli tidak untuk bermain game maka anda tidak usah terlalu memikirkan masalah kartu grafis. Beberapa pekerjaan kantoran seperti mengetik, internet dan video editing tidak memerlukan spesifikasi kartu grafis yang tinggi. Tentu saja anda bisa mendapatkan laptop dengan harga yang relatif lebih murah.

Nah setelah anda menentukan apakah laptop akan digunakan untuk bermain game atau bukan maka selanjutnya anda harus memikirkan program apa saja yang akan anda jalankan pada laptop tersebut. Hal ini penting untuk menentukan kemampuan prosesor dan RAM dari laptop yang akan anda miliki. Ada baiknya anda membaca spesifikasi minimal laptop yang dibutuhkan untuk menjalankan program yang anda gunakan.


3. Pemilihan perangkat keras.


Langkah ini merupakan langkah terpenting dari keinginan Anda membeli sebuah laptop. Pada langkah ini anda diharapkan mampu memutuskan seberapa cepat sistem laptop yang anda inginkan. Mengapa hal ini penting, sebab jika anda salah dalam menentukan pilihan maka anda tidak akan bisa mengganti jeroan laptop yang sudah anda beli. Perlu dicamkan disini, semakin mahal anda membayar maka semakin ‘mewah’ spesifikasi laptop yang akan Anda dapatkan.

Berikut beberapa jeroan laptop yang perlu anda perhatikan.

  • CPU ( Central Prosessor Unit )Prosesor atau CPU akan menentukan seberapa cepat sistem anda bekerja dalam mengeksekusi suatu program. Terdapat banyak pilihan CPU yang bisa anda pertimbangkan. Saya tidak akan menjabarkan disini karena terlalu panjang, anda bisa membaca sendiri di situs masing masing produsen CPU. Saya hanya bisa menyarankan anda mengambil minimal Dual Core CPU kecuali dana yang anda miliki tidak mencukupi. Bila ada dana yang lebih, anda bisa mempertimbangkan menggunakan prosesor yang lebih tinggi dan setiap bulan pasti update terbaru, karena perkembangan prosessor begitu pesatnya.
  • Memori (RAM). Perangkat keras ini bertugas untuk menyimpan data sementara dari program yang sedang berjalan. Seperti halnya otak, semakin besar kapasitas penyimpanan RAM maka semakin banyak program yang bisa anda jalankan secara bersamaan. RAM yang besar juga diperlukan untuk menjalankan program program berat seperti pengolah grafis gambar dan video. Saat ini, RAM minimal yang dibutuhkan adalah 1 GB, namun alangkah baiknya bila anda bisa mendapatkan RAM 2 GB. ( Untuk tahun akhir 2010 ini sudah banyakprodusen yang menanamkan 2 GB disetiap produknya).
  • Hard Drive (Media Penyimpanan). Perangkat keras ini berfungsi untuk menyimpan data dalam waktu yang lama. File musik, video, pekerjaan kantor dan lain lain merupakan beberapa contoh file yang sering disimpan dalam HDD. Semakin lega kapasitas HDD maka akan semakin banyak file yang bisa anda simpan. Performa laptop tidak akan terlalu terpengaruh oleh besarnya kapasitas HDD.( Untuk akhir 2010 ini produsen sudah banyak yang memasang HDD dengan kemampuan simpan 250 - 500 GB ). Sehingga kita bisa leluasa menyimpan file-file data kita dengan lebih lega.

Itulah 3 perangkat keras yang perlu anda perhatikan dalam memilih sebuah laptop. Akhir akhir ini, tersedianya fasilitas WIFI juga bisa dipertimbangkan mengingat bertebarannya hotspot gratis untuk berselancar di dunia maya. Bila memang fitur ini tidak tersedia, anda bisa menambahkan kartu WIFI yang banyak dijual di pasaran.




Semoga bermanfaat.

Selamat berburu laptop .... :)








Zawa Hello Ramadhan

4 comments:

Anonymous said...

kerenn coyyy....

Maxi Komputer said...

Kalo kita mau beli trus caranya ngecek kualitasnya bisa gak ya...Untuk sarannya thanks berat bos..

Irfan Godean said...

@ Maxi : untuk ngecek kualitas notebook susah gan ,... tapi kita bisa survey dulu beberapa teman yang pernah pakai, baik itu untuk merk maupun jenis katagori fungsionalnya.
trims telah berkunjung. ok.

agres.id said...

yang penting spesifikas yang dibutuhkan biar ga bingung pas beli hehehe

bisa cek-cek laptop terbaru ke toko laptop online

Post a Comment

Mohon tinggalkan jejak Sobat, dengan memberikan komentar. Trimakasih.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting