Tuesday, March 16, 2010

Sumber Listrik dari Belimbing Wuluh


Beberapa saat yang lalu ( tepatnya hari senin, 15 Maret 2010) di salah satu TV swasta Nasional ada pemberitaan mengenai "sumber listrik" alternatif ramah lingkungan yaitu dari buah belimbing wuluh. Sayang saya tidak bisa me-record acara tersebut.
Yang menarik menurut saya adalah :
  1. Sumber tenaga listrik alternatif itu sederhana.
  2. Peralatan yang digunakan juga mudah di dapat.
  3. Bisa bertahan lama ( bisa sebulan "on" terus ).
  4. Bahan cairan dari jus buah belimbing wuluh yang mudah di dapat disekitar kita.
  5. Bisa sebagai alternatif energi cahaya listrik yang murah meriah.
Kekurangannya :

Belum di kembangkan kedalam bentuk yang simpel dan mudah untuk di pindah-pindahkan kayak accu kering / baterai charger yang ada di pasaran, dan juga kekuatan daya tergantung banyaknya media jus belimbing wuluh yang digunakan, semakin besar medianya, semakin besar tenaga listrik yang dihasilkan.

Seperti yang saya kutip di Berita liputan.com.

Liputan6.com, Magetan: Sebuah inovasi terkadang datang dari hal-hal yang sepele. Ini pula yang mendasari temuan seorang guru sekolah menengah atas di Magetan, Jawa Timur. Dari jus belimbing wuluh, Sunarto dapat menghasilkan energi listrik yang mampu menghidupkan bola lampu selama satu bulan tanpa dimatikan.

Guru jebolan ITS Surabaya ini sejak lama mengamati potensi listrik yang tersimpan dalam blimbing wuluh. Melalui serangkaian percobaan, sampailah pada bentuknya seperti sekarang. Tidak sulit. Cukup siapkan satu gelas tanah, jus blimbing wuluh, serta lempeng tembaga dan seng sebagai elektroda.

Karena sederhana, Sunarto yakin semua orang bisa membuatnya. Tenaga listrik yang dihasilkan bisa dilipatgandakan dengan menambah ukuran. Mimpi Sunarto kini adalah mengembangkan cara penyimpangan yang lebih ringkas sehingga pembangkit tenaga blimbing wuluh ini mudah dibawa ke mana-mana.


Penemuan sederhana tapi kaya manfaaat sebagai sumber energi alternatif ini layak kita kembangkan untuk memenuhi kebutuhan akan listrik.



Semoga bermanfaat.








.

3 comments:

TenagaSurya said...

Trims.

Anonymous said...

bagaimana cara membuatnya

Anonymous said...

numpang promosi!!!!!
Dicari pria 21-25 th yg benar-benar berniat untuk mendapatkan pekerjaan.
tidak ada persyaratan khusus.
jika bersedia
hub. 081893462712
kordinator banci

Post a Comment

Mohon tinggalkan jejak Sobat, dengan memberikan komentar. Trimakasih.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting