Monday, March 15, 2010

Tips Berhemat Kompor Gas


Siapa sich yang tidak kenal dengan yang namanya "Kompor Gas", Ya.... itu adalah salah satu penghuni dapur yang "berjasa" dalam mematangkan makanan. Seiring dengan berjalannya waktu terkadang si kompor tidak selamanya bekerja dengan baik, semisal seperti yang aku alamai tadi sore ( Senin, 15 Maret 2010 ), kompor mendadak berwarna merah dan berjelaga. Aku yakin, dengan warna bara kompor tidak biru / ungu bisa dipastikan konsumsi gas menjadi meningkat dan ujung ujungnya adalah "boros". Aku teringat ada suatu trik sederhana dan tidak sulit juga dan yang penting tidak mahal.

Yang dibutuhkan adalah :
  • Bekas pasta gigi yang tidak terpakai ( odol ).
  • Sebatang lidi / jarum pentul
  • Sikat gigi bekas / sikat kawat.
Cara membersihakan :
  1. Lepaskan "burner" dari kompor, amati apakah ada kerak kerak yang tersumbat ?, bila iya gosok dengan sikat kasar hingga kerak-kerak itu rontok.Bila ada kerak yang susah bisa memakai sikat kawat dan lubang yang tersumbat bisa dibersihkan dengan bantuan jarum pentul atau peniti. Bila kerak masih membandel lakukan trik Disini. Klik Disini.
  2. Pasng kembali burner ke posisi semula, dan diperhatikan apakah dudukan burner sudah sempurna.
  3. Nyalakan kompor gas anda. Bila masih berwarna merah berjelaga, amati dengan seksama arah datangnya api merah tersebut.
  4. Ambil "odol" / pasta gigi bekas di tempelkan dengan bantuan lidi di sumber yang mengeluarkan bara merah tadi. ( bara merah terjadi karena gas terlalu cepat keluar, sehingga perlu di tahan dengan melapisi samping burner agas gas dan api benar-benar melalui burner dengan sempurna).
  5. Nyalakan gas lagi. Bila masih ada yang berwarna merah, ulangi lagi dengan melapisi odol di bagian yang berwarna merah.

Dengan melakukan pembersihan secara teratur diharapkan kompor akan menghasilkan warna biru merata di setiap burnernya. Denganbegitu gas pun bisa di hemat.



Selamat mencoba.


Baca juga :










15032010.





0 comments:

Post a Comment

Mohon tinggalkan jejak Sobat, dengan memberikan komentar. Trimakasih.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting