Wednesday, September 16, 2009

Persiapan Mudik Asik dan Aman

Mudiks . . . Hem singkat tapi untuk kata yang satu ini "harus" mendapat perhatian ekstra. Setelah kita di "rantau" karena urusan kerja atau sesuatau yang lain sehingga kita mengharuskan pulang kampung. kenapa perlu mendapat perhatian ekstra..?.. ya... karena untuk soal yang satu harus memeperhatikan soal "waktu", "kesempatan", "finansial" dan "kesehatan". Semuanya harus saling mendukung dan bersinergis. Hal apa saja yang diperlukan agar mudik jadi asik dan aman?

  1. Periksa kondisi kendaraan. Bagi yang akan mudik menggunakan kendaraan sendiri jangan lupa periksa kondisi kendaraan secara menyeluruh, kondisi ban, kaki-kaki, kelistrikan, AC, dll. Yang paling gampang adalah dibawa ke bengkel dan minta diperiksa total. Pastikan kendaraan dalam kondisi fit sebelum dibawa mudik. Jangan sampai tiba-tiba mogok di jalan, selain memalukan juga bikin tambah macet jalan. Perlu juga pengecekan radiator dan bila menggunakan timing belt sebaiknya di cek sudah berapa Km-kah sudah di libas.
  2. Periksa dan bawa surat-surat penting: KTP, SIM, STNKB, dan sebagainya. Buku Nikah gak usah di bawa Sobat.
  3. Periksa kondisi keuangan. Pastikan Anda membawa cukup uang, jangan terlalu banyak jangan terlalu sedikit. Setidaknya cukup digunakan selama perjalanan untuk beli bahan bakar maupun makanan dan minuman. Nanti di kota tujuan bisa ambil lagi di ATM.
  4. Periksa barang bawaan. Mudik identik dengan membawa barang baru ke desa. Bawa barang secukupnya saja. Sekiranya barang tersebut bisa dibeli di kota tujuan maka sebaiknya tidak usah dibawa dari kota. Selain menghemat space di kendaraan juga berbagi rejeki ke pedagang di kota tujuan.
  5. Bawa baju seperlunya. Perkirakan akan mudik selama berapa hari, perkirakan setiap hari akan berganti baju berapa kali, lalu hitung jumlah baju yang harus dibawa. Terkadang kita membawa baju terlalu banyak dan akhirnya di sana malah tidak dipakai.
  6. Bawa gadget dan perlengkapannya. Bawa handphone dan laptop jangan lupa chargernya, bawa kamera jangan lupa lensa dan kabel data atau card reader-nya.
  7. Perhatikan hewan peliharaan Anda. Mereka juga butuh makan. Pastikan selama ditinggal mudik mereka tetap bisa menikmati makakan favoritnya setiap hari supaya ketika Anda kembali mereka masih hidup. Kucing dan anjing lebih baik dititipkan ke penitipan hewan supaya lebih terjamin. Ayam sebaiknya disembelih dan dibuat lauk saja daripada membuang kotoran sembarangan di rumah Anda. Ular jangan lupa dikasih makan dan dimandikan (kalau yang ini sekali makan bisa buat satu bulan jadi gak perlu kuatir).
  8. Amankan barang berharga Anda. Kalau di rumah menyimpan perhiasan atau emas batangan lebih baik dititipkan ke bank atau pegadaian supaya aman. Mereka biasanya memiliki deposit box untuk menyimpan surat berharga dan perhiasan. Jangan ambil resiko dengan membawanya pulang ke desa atau membiarkannya tergeletak di rumah. Kalau dibawa pulang resiko hilang di jalan, kalau ditaruh di rumah resiko digarong penjahat.
  9. Amankan rumah Anda. Nah ini yang juga penting. Selama Anda mudik pastikan rumah dalam keadaan semua PINTU dan JENDELA dalam keadaan terkunci. Pastikan pula semua peralatan elektronik dalam keadaan OFF dan kabel tidak menancam di stop kontak. Pastikan pula KOMPOR tidak dalam kondisi menyala. Gerbang depan belikan gembok baru!
  10. Jaga kondisi tubuh. Sebelum menempuh perjalanan jauh ada baiknya anda tidur dalam waktu yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi cukup. Jika lelah atau mengantuk di perjalanan maka lebih baik berhenti di tempat yang aman dan beristirahat. Alangkah lebih baik jika setiap waktu sholat berhenti di masjid, selain untuk beribadah juga untuk memulihkan kondisi tubuh.
  11. Jangan lupa "berdoa " sebelum berangkat dan minta Restu ke dua orang Tua / tetangga, saudara dan rasakan bedanya. Mudik jadi ringan asik dan aman.


Selamat Mudik Sobat.
Semoga perjalanan asik dan selamat sampai tujuan.
Tetap Smart Drive.

Bagikan :
Bookmark and Share



0 comments:

Post a Comment

Mohon tinggalkan jejak Sobat, dengan memberikan komentar. Trimakasih.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting